Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Hasil riset! ciri perbedaan lovebird jantan dan betina

Haloo pencinta lovebird semua senang bisa bertemu lagi, artikel saya kali ini mungkin bisa membantu breeder pemula yang ingin kawin mengawinkan lovebirdnya tetapi masih bingung bedain antara jenis kelamin yang betina sama yang jantan karena jangan heran walaupun sesama jenis lovebird bisa saling mesra-mesraan, makanya untuk yang jantan sama jantan walaupun udah dikasih gelodok dikandang perjodohkan tetapi masih gak bertelor dan untuk yang betina sama betina biasanya jadinya bertelor tapi isinya zonk alias kosong.



Sebelumnya untuk breeder pemula saya anjurkan baca artikel ini:
Bagaimana Cara Merawat Lovebird
Jenis Makanan terbaik untuk Lovebird

Jadi sekarang bagaimana cara yang membantu kita membedakan lovebird betina dan jantan? semoga keterangan dibawah ini bisa membantu ya:

Perbedaan berdasarkan bentuk fisik

1. Bentuk Ekor
Biasanya bentuk ekor lovebird jantan terlihat lebih lancip daripada burung betina yang ujung ekornya selalu mengembang atau melebar. Biasanya ini cukup dapat mengidetenfikasikan jenis kelamin lovebird.

Kiri betina - kanan jantan


2. Bentuk kaki saat bertengger
Bentuk kaki lovebird saat bertengger juga bisa menjadi clue, saat bertengger biasanya burung betina akan lebih melebarkan kakinya dikarenakan bentuk tubuhnya juga yang besar sedangkan si jantan lebih manis rapet ini dikarenakan bentuk tubuhnya juga yang biasanya agak lebih ramping.

kiri betina - kanan jantan


3. Bentuk Paruh
Bentuk dari paruh jantan biasanya lebih runcing dari atas ke bawah dari pada bentuk paruh betina yang lebih melebar dari panggkalnya.

4. Bentuk Sayap 
Bentuk sayap juga sering dijadikan patokan dalam membedakan jenis kelamin lovebird. Pada burung jantan, ujung sayap sering terlihat dalam posisi menyilang. Sedangkan pada burung betina dalam posisi lebih terbuka.





Perbedaan Berdasarkan Tingkah Laku

1. Memberikan makanan
Pada saat si lovebird berjodoh biasanya lovebird jantan akan melolohkanya ke betina, ini perilaku yang cukup signifikan untuk menjadi patokan kita juga menetukan jantan dan betina. Tetapi tabel dibawah ini akan menjelasakan persentase kebenarannya

2. Membawa bahan sarang
Menurut pengalaman saya, cara untuk mengetahui diantara lovebird betina dan jantan adalah pada saat mereka membawa bahan sarang, lovebird betina lebih agresif membawa sarang dari pada lovebird jantan. beberapa lovebird jantan malah malas untuk mengumpulkan bahan sarang, Persentase kebeneranya ada ditabel dibawah ini:




3. Mengigit objek dari dalam kandang
Sering kali saya merasakan hal ini, kalo sang betina sangat agresif kalo ada objek yang dimasukan kedalam kandang ataupun apalagi jangan heran dia juga bisa matok tangan kita. tabel dibawah ini akan menjelaskan  persentase kebenarannya.


*Beberapa gambar bersumber dari omkicau.com

Kesimpulan

Keterangan diatas hanya guide untuk anda yang ingin membedakan mana loveird yang jantan dan betina, tetapi kebenaranya tidak mutlak. Anda harus benar-benar memperhatikan bagaimana fisik dan tingkah laku lovebird itu sendiri, tetapi jika ingin memastikannya anda dapat mencoba metode lain untuk mengetahui jenis kelamin dari lovebird yaitu dengan menguji DNA yang dapat diperoleh dari darah atau bulu burung. Setelah DNA diekstrak dengan larutan tertentu dan proses lebih lanjut, hasilnya akan dipotret dengan Polaroid. Apabila dalam foto tersebut terlihat dua pita maka lovebird tersebut dapat dipastikan berkelamin betina. Namun jika terlihat hanya satu pita, lovebird itu bias dipastikan jantan.

9 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Kami menjual berbagai macam sangkar burung ukir yang unik dan bagus, jika berminat silahkan kunjungi website kami di Toko Sangkar Burung

    ReplyDelete
  3. Terimakasih mash info tentang burung lovebirdnya )

    ReplyDelete