Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Cara paten menjodohkan kenari agar cepat beranak-pinak

Seperti kita tau alamiah jika burung kenari ingin menemukan jodohnya yang kelak bisa mereka kawinkan, hasrat demikian juga dimiliki oleh semua mahluk hidup seperti manusia. Proses perjodohan adalah langkah kedua seorang peternak kenari untuk memulai budidaya kenari, awal sekali seorang peternak meksi tau perbedaan kelamin antara kelamin kenari jantan dan betina, jika sudah melalui proses itu barulah breeder kenari bisa masuk ke fase penjodohan.

Sebelumnya ada dua tujuan yang perlu kita ketahui sebelum memulai penjodohan, pertama biasanya proses ini dilakukan untuk membudidayakan kenari, jadi peternak bertujuan untuk mengembang biakan kenari sampai beranak pinak biasanya peternak akan menjual hasil tangkaranya. Berikutnya proses penjodohan dan perkawinan ini digunakan sebagai proses pembuangan birahi, hal ini dilakukan khusus untuk kenari lomba agar performanya tetap prima dan tidak macet bunyi yang disebabkan oleh kenari yang over birahi. Jadi termasuk golongan manakah Anda sobat?



Oke kebanyakan dari kita pasti merencanakan penjodohan kenari untuk memulai beternak. Untuk breeder pemula mengawini burung ini memang diperlukan keuletan, ketelatenan dan yang pasti pengetahuan awal beternak. Walaupun sudah dipastikan kelamin mereka adalah jantan dan betina lalu sepertinya mereka terlihat berjodoh belom tentu mereka lansung melakukan ritual perkawinan, hal ini mungkin disebabkan oleh kondisi hormonal yang sedang tidak stabil ( hal ini biasanya di alami oleh pejantan ) dimana birahi dari si jantan akan naik turun sehingga mereka sepertinya tidak bersemangat melakukan hubungan intim dengan betina, jika mengalami hal tersebut anda perlu meningkatkan birahi si jantan dengan memberi mereka pakan yang mengandung protein tinggi seperti telur rebus.
Masalah yang fatal saat kita keliru dalam proses penjodohan adalah kita memilih penjantan yang terlalu bringas jadi saat tidak terjadi proses perkawinan pejantan mungkin saja bisa membunuh sang betina.



Hal lain yang perlu diketahui juga ialah model persilangan pembuahan kenari, nah istilah model ini akan kita bahas dibawah, saya akan menggunakan bahasa yang bisa lebih mudah dimengerti:

4 persilangan kenari 
Pemacek ( Duda ) x Babon ( Janda )
Pemacek ( Duda ) x Tembean ( Perawan )
JM ( Pejaka ) x Babon ( Janda )
JM ( Pejaka ) x Tembean ( Perawan )

Beberapa dari kita pasti sudah familiar dengan istilah diatas, dimana pemacek adalah istilah untuk kenari jantan yang pernah dikawinkan, begitu juga dengan babon yaitu istilah untuk kenari betina yang sudah janda, selanjutnya JM dan tembean adalah istilah kenari muda yang belom pernah dikawinkan.

Setelah beberapa hal diatas kita telah baca maka sekarang saatnya kita masuk ke proses penjodohan, apa saja yang penting untuk kita amati sebelum menjodohkan kenari, mari kita simak bersama-sama.

Ciri - Ciri kenari siap untuk dijodohkan

1. Pertama anda harus pastikan bahwa umur kenari harus pada masa produktif yaitu minimal umur di atas 6 bulan dimana kenari pada umur itu sudah siap untuk dikawinkan.
2. Alamiah jika pejantan akan melakukan segala macam cara untuk merayu betina, itulah yang dilakukan kenari. Kenari jantan akan terlihat lebih gacor dari sebelumnya kita birahinya meningkat, mereka akan berusaha mengeluarkan suara yang keras dan bervariasi untuk mendapatkan hati betina. Jadi jika anda melihat ciri ini mungkin ini pertanda kenari jantan dirumah anda siap utuk dikawinakan.
3. Cara mudah untuk melihat kenari betina yang siap dijodohkan dapat kita lihat dari duburnya, jika dubur kenari betina sudah menonjol memerah dan memiliki sedikit bulu di area anusnya maka kenari betina ini siap dikawinkan. Saat siap kawin kenari betina juga sering melakukan tingkah mengepakan sayapnya sambil cuit cuit atau mengambil dan merapihkan bahan sarang.

Setelah tau beberapa ciri-ciri umum kenari yang siap dijodohkan mari kita lakukan hal berikut ini

Proses menjodohkan kenari

1. Mendekatkan kandang dengan terpisah, caranya adalah gantangkan mereka berdekatan amati respon dari kedua kenari apakah tingkah mereka seperti apa yang telah kita lihat diatas, biarkan meraka saling mengenal dahulu hal ini dapat dilakukan selama 3 hari.
2. Jika terlihat berjodoh masukan kedua kenari tersebut dalam satu kandang, amati terus menerus sampai mereka mau kawin, jika birahi mereka memuncak tidak lama mereka akan lansung kawin.
3. Terakhir proses pembuahan yang ideal jika kualitas sperma yang baik dimiliki si jantan, makanya proses perkawinan dapat dilakukan hanya 2 jam dalam sehari dan ulangi sampai hari ke 4. Sobat dapat mengambil jantan saat 2 jam perkawinan dan memindahkannya ke kandang terpisah kembali untuk di ulangi keesokan harinya.

Tambahan : Jika menginginkan kenari lebih cepat melakukan proses perkawinan, hadirkan lah pejantan lain pada kandang yang cukup jauh karena sebagai burung teritorial, kenari jantan akan menjaga kenari betina dari sang penjantan lain dan buru-buru mengawininya.

Baca juga


3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete