Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Penyebab dan perawatan jitu mengatasi kacer mbagong

Kebanyakan dari kita yang sudah lama berkecimpung di dunia burung yang satu ini pasti tidak asing mendengar istilah mbagong tetapi mungkin banyak yang tidak tau juga apa itu mbagong, istilah mbagong atau ngudalaut ini berasal dari perilaku kacer yg bergaya seperti kuda laut dengan pose badan tegak, dada dibusungkan dengan bulu yg mekar, ekor lurus ke bawah dan hanya mengeluarkan suara yang monoton cerr cerr yang banyak orang jawa menganggap KC tampak seperti bagong.
Banyak faktor yang mempengaruhi burung kacer mbagong, oleh karena itu sobat mesti tau penyebab kacer dirumah mengalami ini baru lah melakukan terapinya.

Solusi mengatasi burung kacer mbagong



1. Mental, biasanya dipengaruhi oleh umur kacer yang masih terlalu muda seperti mental yang masih takut dengan kehadiran manusia, kondisi lain seperti pasca selepas mabung dan burung memang sedang sakit.

2. Sifat bawaan kacer, jika dari segi bawaan kacer memang sudah sering mbagong maka kemungkinan akan cuma ada sedikit harapan, banyak para manstah kacer malah sekalian menjualnya ke pasar karena akan percuma walaupun sudah dipoles.

3. Mbagong karena perawatan, kelebihan memberikan EF yang mengandung protein tinggi seperti kroto akan berdampak birahi kacer meninggi dan terjadi over birahi, bukan berarti pemberian kroto salah tetapi kadar dari pemberian harus diperhatikan, saran pemberian kroto dapat dilakukan 2 hari sekali agar kacer tetap fit nanti dilapangan dan menghindari kacer mbagong.

Alternatif lain sobat dapat memberikan mereka jangkrik lebih banyak sebagai sumber protein hewani, jangkrik mempunyai kandungan yang lebih dingin dari pada kroto sehingga dapat menjernihkan suara power dari kacer itu sendiri.


4. Penggantian sangkar, kacer akan mbagong ketika mereka tidak nyaman dengan kondisi mereka atau lingkungan mereka maka sangkar bisa jadi penyebabnya, oleh karena itu jika anda telah memiliki sangkar baru dan telah memindahkan kacer anda kesana maka sobat perlu lebih sering pantau mereka, apakah kacer lebih sering mbagong dari sebelumnya setelah dipindahkan? kalo iya kembalikan mereka ke sangkar sebelumnya.

5. Rutin nitas mandi, Banyak dari kita mungkin juga sibuk dengan banyak urusan oleh karena itu tidak dapat rutin memandikan kacer, burung satu ini seperti burung lainya yang sangat nyaman saat dimandikan maka efek jarang mandi akan membuat bulu bulu mereka dimekarkan dan badan ditegakan ke belakang yang disebut mbagong.

mengatasi kacer bagong

Maka solusinya adalah mencari jadwal sesering mungkin untuk memandikan kacer, misalnya saat pagi dan sore, kacer dapat dimandikan satu hari dua kali atau 3 kali sehari.

Sekian artikel ini semoga anda dapat berhasil mengatasi kacer yang mbagong.


No comments:

Post a Comment