Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Kunci perawatan unik ala lovebird kusumo

Sudah familiar untuk banyak pencinta lovebird mengenal nama lovebird kusumo milik H. Sigit WMP asal klaten, lovebird kusumo memang salah satu lovebird fenomenal beberapa tahun belakangan ini. Mungkin sudah sulit dihitung berapa penghargaan yang telah diterima lovebird ini dalam satu turnamen saja sudah biasa lovebird kusumo memborong penghargaan 5 atau 6 kali juara.

Penilaian lovebird kusumo dilihat dari durasi ngekeknya yang memang terbilang super panjang, rekor durasi ngekek lovebird kusumo itu selama 3 menit belum lagi diselingi dengan beberapa kali nembak hal ini yang mungkin diperhitungkan oleh para juri saat tidak ragu menentukan lovebird kusumo sebagai juara pertama, tidak terbayangkan dengan kemampuan dan penghargaan seperti itu berapa harga yang ditawarkan jika pemiliknya hendak menjual walaupun sepertinya tidak mungkin dijual.

Memang performa lovebird kusumo bisa dibilang stabil, dilihat dari awal debutnya lovebird kusumo langsung menjadi sorotan walaupun belakang ini entah performanya yang menurun atau pesaing lovebird kusumo mulai banyak, lovebird kusumo sering menempati posisi runner-up atau juara 2 kalah oleh beberapa pesaing kuatnya contoh kompetitor terberatnya seperti lovebird jalal yang dimiliki oleh om ade dan yehezkiel dari KKLB bandung.

om sigit pemilik lovebird kusumo
om sigit pemilik lovebird kusumo

Menurut beberapa sumber memang lovebird kusumo memiliki banyak misteri mulai dari pemilihan awal saat om sigit memilihnya untuk di pelihara sampai ke perawatanya yang unik dan menjadi sorotan sekarang ini.

Apa saja perawatan ala lovebird kusumo yang dilakukan om sigit sehari-hari, mari kita bahas bersama beberapa perawatan unik lovebird kusumo. Keterangan yang kita bahas dibawah adalah hasil pengamatan penulis yang telah mengikuti perjalanan lovebird kusumo dan hasil riset dari sumber-sumber tertentu.



Rahasia perawatan unik lovebird kusumo

  • Karakter. Awal dibeli lovebird kusumo memiliki karakter yang liar, dia akan ngelabrak-labrak sangkar dan berputar-putar dibawah sangkar persis seperti sedang ngeruji butuh waktu yang diperlukan untuk membuat lovebird kusumo tenang. Tetapi karakter inilah yang membuat awal om sigit terpesona untuk membeli lovebird kusumo. ( baca: 6 cara jitu menjinakan lovebird giras )
  • Pakan. Setelan pakan lovebird kusumo terbilang sederhana, seperti yang telah kami pantau dari beberapa wawancara lovebird kusumo hanya diberi pakan milet dan jagung muda saja, tidak tau apa hanya itu atau ada pakan lain yang sengaja tidak di beritahukan ke publik.
  • Pengembunan. Lovebird kusumo selalu di keluarkan dari dalam rumah saat pukul 05.30 pagi sampai matahari muncul lalu disemprot sedikit saja. Lalu, lovebird kusumo diletakan dibawah teras tidak digantung.
  • Ritual mandi. Metode memndikan lovebird bisa dibilang sangat unik beberapa contoh misalnya om sigit mengajarkan lovebird kusumo untuk mandi sendiri di keramba, jadi tidak disemprot dengan spryer seperti kebanyakan cara umum pencinta lovebird dalam memandikan lovebird. Selanjutnya lovebird kusumo memiliki tradisi mandi malam dan mandi hujan, hal ini diyakini untuk membuat mental lebih bagus dan memiliki suara dengan volume yang lantang dan keras. ( baca juga: Manfaat ritual memandikan rutin untuk lovebird )
    mandi hujan lovebird kusumo
  • Gantung sangkar didalam rumah. Problem dari lovebird kusumo dulu adalah tidak maen bagus jika event yang diselengarakan dilakukan di malam hari atau di indoor, oleh karena itu om sigit berupaya beradaptasi dengan kondisi itu dengan membiasakan lovebird kusumo aktif didalam rumahnya dengan hanya dibantu oleh pencahayaan lampu rumah.
Yang belum tau bagaimana luar biasanya lovebird kusumo, silakan dengarkan atau download suara kicau sang juara lovebird kusumo dengan klik disini ( unduh )

Sekian artikel mengenai kunci perawatan unik lovebird kusumo yang ditulis berdasarkan dari sumber-sumber tertentu, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Terima kasih


No comments:

Post a Comment