Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Kupas tuntas burung murai batu, murai mania wajib baca

Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai murai batu? Berikut ini adalah ulasan tentang 5 hal terkait murai batu yang harus anda ketahui. Kami akan berikan informasi dari asal muasal, ciri, sifat bahkan harga terbaru sampai cara perawatannya kami sajikan lengkap dalam artikel ini, simak sampai tuntas!



Asal Muasal Murai Batu

Burung Murai yang banyak beredar di pasaran sebenarnya berasal dari habitat aslinya. Jenis Burung Murai Batu memiliki habitat asli yang berbeda-beda sesuai daerah sebarannya. Ia dapat hidup di hutan primer maupun sekunder, semak belukar, perkebunan, dataran tinggi hingga dataran rendah. Hal ini dapat terjadi karena murai merupakan jenis burung yang cepat beradaptasi dengan lingkungan tempat ia tinggal.

Karakteristik Fisik

Meski setiap jenis burung Murai Batu memiliki perbedaan sesuai daerah asalnya, namun tentu ada sebagian ciri atau karakteristik utama yang membuat orang dapat membedakan jenis murai dengan burung lain.

Beberapa ciri utama yaitu sebagian besar warna bulunya hitam, hanya sebagian warna lain yang biasanya terdapat pada bagian bawah tubuh, corak warna ini biasanya berwarna seperti coklat, jingga, merah, dll.

Memiliki ekor yang panjang dan tegak apabila dalam keadaan terkejut atau ketika sedang mengeluarkan kicauan. Ukuran badan Burung Murai Batu rata-rata 14-17 cm. Sedangkan untuk perbedaan kelamin, jika jantan maka untuk ukuran tubuh biasanya lebih besar daripada betina serta suaranya nyaring dengan variasi suara yang lebih banyak. ( download suara masteran murai batu, lengkap! )

Sifat Murai Batu

Sifat asli Murai Batu adalah pemalu namun sangat kuat dalam mempertahankan dan melindungi daerah tempat tinggalnya. Terlebih jika saat musim terjadinya perkembangbiakkan, Murai Batu jantan akan berjaga meski betina memiliki wilayahnya sendiri.



Kelebihan lain Murai terletak pada suaranya yang merdu dan indah, kicauannya jelas dan kuat bahkan terkadang mampu menirukan suara burung lain. Pada sebagian jenis, Burung Murai Batu bahkan dapat bersifat agresif dan galak.

Harga Burung Murai

Semakin banyaknya peminat burung Murai, membuat orang seringkali mencari informasi mengenai harga Murai Batu dengan berbagai jenis. Harga yang ada dipasaran tentu bervariasi dan disesuaikan dengan berbagai faktor, seperti jenis, ukuran, warna, kesehatan, dan yang lebih penting dalam meningkatkan harga Murai Batu adalah prestasinya dalam ajang kontes.

Berikut ini kami sajikan data tentang harga Murai Batu terbaru yang didapatkan dari berbagai sumber. Hanya sebagai perkiraan dan bukan harga pasti karena harga selalu update per 3 bulan.

No.
Jenis Burung Murai Batu
Harga
1
Murai Batu Borneo Dewasa Hutan
Rp 600.000
2
Murai Batu Medan Dewasa Hutan
Rp 1.300.000
3
Murai Air
Rp 250.000
4
Murai Batu Kalimantan Dewasa Hutan
Rp 600.000
5
Murai Batu MedanTrotolan Hutan Jantan
Rp 2.100.000
6
Murai Batu Nias Ekor Hitam Dewasa Hutan
Rp 1.200.000
7
Murai Batu Aceh Trotolan Hutan Jantan
Rp 2.200.000
8
Murai Batu Nias Jadi
Rp 1.600.000-Rp 3.500.000
9
Murai Batu Nias Trotolan
Rp 1.200.000
10
Murai Batu Aceh Dewasa Hutan
Rp 1.700.000
11
Murai Batu Nias Ekor Hitam Trotolan Jantan
Rp 1.400.000

Perawatan

Jika anda berniat memelihara murai batu, ada baiknya anda perhatikan beberapa hal berikut mengenai cara perawatan yang umum digunakan para master untuk memelihara murai batu.


- Gantung sangkar Murai Batu selama 30 menit di depan/teras rumah sebelum dimandikan pada pagi hari.
- Untuk memandikan, gunakan semprotan atau keramba.
- Keringkan langsung setelah mandi agar bulu cepat kering.
- Pisahkan murai batu jika terdapat burung lain terutama jika sejenis.
- Jaga selalu kebersihan sangkar, serta tempat makan minumnya.
- Untuk melakukan pemasteran, anda bisa melakukannya dari pagi hingga siang selama 4-5 jam dengan tipe suara yang sama seperti burung piaraan anda.
- Atur pola makannya dengan benar.
- Berikan jenis pakan yang sesuai.
- Jauhkan dari gangguan hewan lain seperti kucing, dll
- Berikan multivitamin 2-3 kali seminggu agar kesehatan murai batu tetap terjaga.
- Lakukan cara ini secara rutin.

No comments:

Post a Comment