Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

7 Penyebab umum lovebird macet bunyi dan malas ngoceh

Tidak seperti burung lain, lovebird adalah salah satu burung yang anda dapat menikmati dengan cara 2 hal, pertama lovebird dapat di ajak bermain. Kedua, bagi beberapa orang suara lovebird adalah "seni"  terlebih lagi jika lovebird anda sudah terlatih untuk mengeluarkan suara ngekek panjangnya.
Bagi pencinta lovebird lomba, lovebird yang memiliki kemampuan untuk bersuara lantang dengan durasi yang lama ialah tujuan mereka memelihara burung ini, ada kepuasan tersendiri karena untuk memprospek lovebird seperti itu tidaklah mudah, dibutuhkan pelatihan yang rumit dan memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Hancur hati alias galau jika lovebird memang tidak bisa memiliki karakter suara yang di inginkan, terlebih lagi jika mendadak lovebird tidak ngoceh padahal sebelumnya lovebird tak berhenti berkicau.

Banyak faktor yang menyebabkan lovebird tidak bisa diprospek atau mendadak diam membisu, dibawah ini penulis akan menjabarkan beberapa hal yang menjadi biang keladi lovebird malas ngoceh.

lovebird anti macet bunyi dan jarang berkicau





Penyebab lovebird tidak lagi tampil baik ( macet bunyi )

1. Buruknya perawatan - Lovebird yang tidak dapat memiliki karakter suara yang baik kemungkinan karena pemilik hanya memberikan perawatan standar, padahal untuk melakukan settingan burung apapun pemilik perlu memberikan perawatan khusus. Lovebird tidak alamiah mempunyai karakter ngekek seperti kebanyakan lovebird lomba oleh karena itu pelatihan extra sejak dini memang diperlukan lovebird. ( baca: formula khusus membuat lovebird gacor dan ngekek panjang )

2. Pakan sekedarnya - Setiap jenis pakan entah bijian, sayur dan buah memiliki khasiat untuk menunjang performa lovebird, walaupun ada satu atau dua orang mengatakan lovebird mereka tetap moncer walau hanya diberikan pakan yang itu itu saja tanpa variasi pakan lain. Setiap komposisi yang ada di kemasan banyak produk pabrikan memang harus ada fungsinya, manfaat kangkung dan kuaci untuk meningkatkan birahi, fungsi rapeseeds yang mengadung omega 3 berfungsi sebagai penambah daya ingat lovebird saat di masterkan, poppyseed sebagai pemacu lovebird tetap tenang walaupun dalam kondisi stress, dll. Edukasi tentang pakan yang diberikan kepada lovebird memang penting untuk kita cari tau.

3. Tubuh tidak proposional - Lovebird yang malas bunyi bisa juga disebabkan karena bobot kegemukan sehingga lovebird terlihat malas berbunyi lebih sering tidur atau kekurusan sehingga kondisi mereka terlalu lemas untuk melakukan aktifitas berkicau. Jika anda memiliki masalah seperti ini segera baca solusinya disini.



4. Macet karena mabung - Kondisi mabung adalah saat dimana burung seperti tidak punya jati diri karena bulunya hilang, bulu merupakan daya tarik seekor burung, oleh karena itu kebanyakan burung akan puasa berbunyi untuk bersembunyi. Alami jika lovebird akan menyendiri ketika mereka mabung karena seperti itulah tingkah mereka dialam liar. Lovebird memerlukan stamina extra untuk merontokan bulunya lalu menumbuhinya kembali, jadi tugas kita hanyalah memastikan pakan mereka baik, jangan dipaksakan mereka untuk berkicau seperti biasanya karena hal tersebut malah akan membuat kondisi mereka makin drop. ( baca: Mengembalikan kondoso lovebird kembali bunyi setelah mabung )

5. Birahi - Lovebird memerlukan settingan birahi yang pas, karena jika kondisi birahi terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menyebabkan lovebird ogah ngoceh. Jika lovebird anda baru saja dikawinkan maka birahi lovebird akan menurun makanya anda perlu memberikan pakan yang bisa mengangkat birahi mereka normal kembali, begitu juga jika anda memperhatikan lovebird terlalu over birahi maka anda harus menurunkan kondisi mereka kembali normal. ( baca: Cara menurunkan overbirahi lovebird kembali normal )

6. Lovebird sakit - "Burung yang sehat adalah cikal bakal burung yang ngoceh mulu" Begitu lah kata teman saya om Santoso, memang anda perlu memperhatikan kondisi mereka tetap prima karena itu mutlak perlu dimiliki semua burung agar performa mereka tetap bagus.

7. Lovebird stress - Burung yang stress akan berakibat semua aktifitas mereka sulit di duga, mereka yang sudah jinak bisa tiba-tiba menjadi giras, burung yang memiliki mental bagus bisa mendadak menjadi pemalu. Pastilah kondisi ini akan membuat lovebird yang sebelumnya moncer akan diam seribu bahasa, penyebab lovebird stress bisa karena lingkungan dimana lovebird di gantang tidak nyaman, banyak binatang pengganggu seperti kucing, anjing dan tikus, adaptasi dengan sangkar baru juga bisa menyebabkan lovebird stress. Lovebird yang stress bisa terlihat seperti lovebird yang suka menyakiti dirinya sendiri, contohnya mencabuti bulu.

Apapun penyebab lovebird anda jarang berbunyi kemungkinan bisa di atasi dengan melakukan perawatan rutin yang baik, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Salam kicaumania


3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas infonya yang sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  3. Permisi, saya mau tanya, lovebird saya dari kemaren sampai malem sebelum dikerodong ngoceh terus, pas tadi pagi niat mau dijemur gak ada suara sama sekali & keliatan tertidur/lemas, biasanya kalau pagi dibuka krodong & digantang sambil dijemur lngsung ngoceh, pas tadi lngsung drop ga ada sama sekali sampai sekarang, itu kenapa ya? terus apakah ada solusi?
    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete