Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Ragam Jenis Kenari Import dan Lokal Unggulan, TERLENGKAP!

Kenari adalah salah satu jenis burung yang populer di indonesia, selain kicauanya yang unik ada beberapa lain yang membuat banyak orang mencintai jenis burung ini. Misalnya beberapa kenari mempunyai bentuk yang menggumkan seperti kenari yorkshire dengan bentuk tubuhnya yang gagah atau kenari gloster dengan jambulnya yang lucu dan masih banyak lagi keunikan kenari, peternak lokal pun tidak mau kalah dengan breeder luar, kita pun punya jenis kenari varietas buatan dalam negeri bisa dari persilangan antara kenari import dan lokal dan menciptakan varietas kenari baru, Oleh karena itu mari kita bahas bersama berbagai jenis kenari disini dari kenari lokal sampai kenari import.

jenis kenari


Jenis Kenari Import

Kenari import itu terbagi menjadi 3 tipe varietas, yang pertama adalah type canary yang lebih menonjolkan fisik mereka dari pada hal lain, yang kedua adalah song canary jenis ini lebih menonjolkan kemampuan kenari dalam berbunyi seperti variasi suara mereka atau peternak lebih fokus menciptakan variasi suara baru, yang terakhir color canary varietas kenari jenis ini lebih fokus kepada kecantikan warna dari kenari itu sendiri.

Type Canary

Kenari Yorkshire
Kenari yorkshire adalah kenari yang paling di buru di indonesia, tidak salah karena kenari ini mempunyai bentuk fisik yang unik gagah dengan postur seperti bodyguard, kalo anda pernah melihat cowo kekar dengan dada bidang mungkin itu gambaran untuk kenari ini, harga kenari ini bisa di bilang fantastis untuk ukuran anakan aja kenari ini bisa di bandrol 4-6  juta. ( baca lengkapnya: kupas tuntas kenari yorkshire ).



Kenari Gloster
Kenari yang banyak di cintai karena bentuknya yang unik yaitu perutnya yang buncit dan jambulnya yang unik, kenari gloster mempunyai 2 bentuk yaitu gloster corona / gloster berjambul dan gloster consort / gloster botak.  ( baca lengkap: ciri karakteristik kenari gloster ).

Kenari Border
Kenari yang banyak berada di dataran inggris dan skotlandia ini mempunyai tubuh yang buncit eksotik dengan beberapa dari mereka mempunyai warna pied antara kuning dan coklat, seperti tipe kenari lain kenari border pun mempunyai suara joss.

Kenari Norwich
Kenari norwich adalah kenari yang berasal dari dataran inggris tepatnya dikota norwich, begitu bangganya penduduk norwich sehingga kenari ini menjadi simbol club bola kebanggaan mereka.
( baca lengkap : kenari norwich ).

Kenari Lancashire  
Kenari jenis ini adalah salah satu burung kenari tertua yang sudah sangat langka ditemukan, beberapa kenari lancashire yang ditemukan banyak sudah tidak dalam bentuk aslinya dikarenakan kenari ini favorite para breeder dalam proses persilangan untuk mendapatkan varietas baru dengan badan yang besar.

Kenari Lizard
Jenis Kenari yang mempunyai corak bulu seperti kadal oleh karena itu mereka disebut kenari kadal, keunikan lain adalah kenari ini mempunyai 4 varian warna dan tipe bentuk kepala yang berbeda-beda. ( baca lengkap: kenari lizard ).

Parisian Frilled
Kenari yang dikenal sebagai kenari nya orang paris karena memang berasal dari perancis, mempunyai bulu yang indah seperti bunga yang menyumbai dan mempunyai ekor yang panjang, burung ini banyak disukai oleh pencinta kenari karena bulunya.

Kenari German
Sesuai dengan namanya kenari yang berasal dari jerman ini adalah salah satu tipe kenari berjambul seperti sodara nya kenari gloster.

Kenari Stafford
Burung yang unik ini adalah persilangan antara kenari merah ( red factor canary ) dengan kenari gloster, bentuk burung ini gempal bulat seperti gloster dan mempunyai warna merah di seluruh tubuhnya sampai ke leher.

Fife Fancy
Salah satu kenari bertubuh mungil besarnya kira-kira hanya 11 cm dan kenari ini adalah penyayi yang ulung dimana mereka dapat menirukan beberapa karater suara burung lain, sayangnya mereka rentan sakit jadi diperlukan perawatan ekstra untuk merawat mereka.

Song Canary


Kenari Roller
Jenis kenari yang memang dikembangkan fokus kepada suaranya, kenari roller mempunyai variasi suara yang banyak, soft dan merdu. Kenari ini berasal dari jerman dengan pengembangnya pertama bernama hanz mountain.

Kenari Waterslager
Kenari waterslager adalah jenis kenari yang berasal dari tanah belgia, mempunyai 12 variasi suara yang dominan seperti suara air, anda pencinta suara kenari pasti akan kagum dengan kenari jenis ini.
( baca selengkapnya: karakter suara kenari waterslager )

Kenari American Singer
Ini adalah burung favorite penduduk di amerika serikat, salah satu song canary yang berasal dari amerika. Volume suara mereka lebih kencang dibandingkan kenari roller tetapi lebih soft dibandingkan kenari border, jadi burung ini mempunyai tingkat suara yang pas.

Color Canary

Red Factor Canary ( Kenari Merah )
Burung ini juga banyak diburu oleh pencinta kenari di indonesia dikarenakan warna kenari yang merah, kenari ini dikembangkan memang untuk mendapatkan warna yang menawan tetapi sayangnya di negeri kita banyak pedagang nakal yang menjual kenari merah palsu dengan berbagai cara karena harga kenari merah yang bisa dibilang tinggi. ( baca lengkap: kenari merah palsu banyak di pasaran )


Istilah Jenis Kenari Lokal ( f1, f2, f3, af, afs, loper )

Istilah F pada beberapa varietas kenari buatan dalam negri berarti Filial atau keturunan, kebanyakan dari kenari lokal yang di silangkan dengan kenari YS atau kenari Yorkshire jadi jika kenari yorkshire disilangkan dengan kenari lokal persilangan yang pertama disebut kenari f1 yokshire, yorkshire dipilih karena bentuk tubuhnya yang ideal dan suaranya yang lumayan berpower, tetapi istilah F ini bukan hanya di miliki oleh yorkshire tetapi juga oleh jenis kenari lainya seperti gloster, kenari merah dll. Jadi berikut ini adalah beberapa istilah jenis kenari lokal yang mungkin sudah familiar di telinga kenari mania semua.

Kenari F1 : Hasil Persilangan indukan antara kenari import ( biasanya yorkshire ) jantan dengan kenari lokal sebagai betinanya.
Kenari F2 : Persilangan antara kenari yorkshire jantan dengan kenari f1 sebagai betinanya.
Kenari F3 ;Persilangan antara kenari yorkshire jantan dengan kenari f2 sebagai betinanya.
Kenari AF : Hasil persilangan antara kenari f1 dengan kenari lokal.
Kenari AFS : Hasil persilangan antara kenari f1 dengan f1.
Kenari Loper : Kenari Loper adalah singkatan dari kenari lokal super ini adalah persilangan antara kenari AF dan kenari lokal

2 comments:

  1. Kenari import harganya selangit.. tetapi untuk anakan kenari lokal harganya cuma Rp.50.000 di Kota Madiun.
    Rawatan Pleci Cepat Lasrol Bukpar

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete