Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

9 jenis - jenis dari Lovebird yang umum dan langka ditemukan

Nama dari burung lovebird mengacu pada sembilan spesies dari jenis Agapornis. Delapan dari spesies ini berasal dari benua Afrika, dengan yang kesembilan yang berasal dari pulau Madagaskar. Tiga spesies lovebird yang Peachfaced (lovebird muka salem), Masked (lovebird dakocan), dan Fischeri(lovebird kacamata), relatif umum di penangkaranSpesies lain nya selain 3 species diatas masih cukup langkah untuk dipelihara. Jadi berikut adalah jenis lovebird umum dan yang jarang ditemukan beserta panduan gambarnya. ( baca: gallery gambar lovebird unik )


jenis lovebird

Jenis lovebird yang umum ditemukan

1. Lovebird kacamata dakocan
Lovebird yang mempunyai nama latin agapornis personata jenis lovebird dakocan ini biasanya berbulu hijau, yang dimana dahi dan pipi depan berwarna hitam kecoklatan. Warna kehitaman terlihat pada bagian kepala burung sedangkan bagian leher dan dada burung berwarna kuning dengan bulu ekor berwarna hijau dan kaki abu-abu. Asal habitat asli burung ini adalah : Tanzania - Benua Afrika. ( lengkapnya baca mengenal lebih jauh lovebird dakocan  atau jenis lovebird biru cobalt dan violet )

2. Lovebird muka salem 

Lovebird yang mempunyai nama latin agapornis roseicollis jenis lovebird muka salem ini umumnya mempunyai bulu berwarna berwarna hijau dan pada badanya, dahi dan belakang mata berwarna merah, pada sayap bagian bawah berwarna kebiruan sedangkan paruhnya berwarna kuning dengan kaki berwarna abu-abu. Habitat aslinya adalah daerah : Afrika Barat.

3. LoveBird kacamata fischeri 
Lovebird yang mempunyai nama latin agapornis fischeri jenis lovebird kacamata fischeri biasanya mempunyai punya bulu hijau dan lebih kekuningan di tubuh bagian bawah. Kaki lovebird kacamata fischeri warnanya abu-abu sedangkan paruh dari lovebird ini berwarna merah sedang bagian Dahi, pipi dan kerongkongan warnanya oranye, bulu kepala bagian bawah berwarna hijau. Warna kuning terdapat di dada atas dan kerah sekitar leher dengan ekor biru muda. asal Habitat lovebird ini adalah Tanzania – Benua Afrika. 
  

Jenis lovebird yang jarang ditemukan 


4. Lovebird kerah hitam
Jenis lovebird yang mempunyai nama latin agapornis swinderniana ini Disebut kerah hitam karena ada warna hitam pada bagian leher walaupun terkadang warna hitam itu hanya terlihat sedikit, terutama pada lovebird jantan. Pada bulunya umumnya berwarna hijau dengan bagian punggung berwarna biru.Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman sedangkan pada bagian kaki berwarna kuning kehijauan. (baca ciri perbedaan antara lovebird jantan dan betina ) Lovebird ini banyak ditemukan di Afrika Tengah dan sebagian di Afrika Barat.


5. Lovebird muka merah

Lovebird yang mempunyai nama latin agapornis pullaria memang Sesuai dengan namanya jenis lovebird ini memang punya warna merah atau oranye pada bagian dahi/wajah. Lovebird jantan biasanya mempunyai bulu berwarna hijau kekuningan di bagian bawah sedang sayapnya berwarna hitam dengan ekor berwarna hijau. Lovebird betina berwarna merah muda pada bagian muka sedangkan warna hijau ada di bagian bawah sayap. Perbedaan lainnya antara jantan dan betina terletak pada bulu di bawah sayap.Burung Lovebird betina bewarna hijau sedangkan Lovebird jantan berwarna hitam. Habitat asli Afrika tengah dan barat.

6. Lovebird Abisinia 

Lovebird yang mempunyai nama latin agapornis taranta ciri khas dari jenis lovebird abisinia adalah terletak pada warna hitam pada bagian bawah sayap sedangkan bulu tubuhnya umumnya berwarna hijau kekuningan di bagian bawahnya. dahi dan lingkar mata lovebird jantan berwarna merah sedangkan betina berwarna hijau. Perbedaan yang lain antara pejantan dan betina adalah pada warna bulu secara keseluruhan. Kampung halaman dari lovebird ini adalah : Ethiopia – Benua Afrika.

7. Lovebird kacamata pipi hitam

Lovebird yang mempunyai nama latin agapornis nigrigenis jenis lovebird spesies kacamata pipi hitam punya bulu hijau sedangkan pada dahi depannya berwarna coklat kemerahan. Pada badan bagian atas berwarna oranye lembut dengan ekor warana hijau dan kaki abu-abu. Lingkar matanya berwarna putih sedang pada paruh bagian atas terdapat bercak hitam, dan warna hitam terlihat jelas pada bagian pipi. Negara asal burung jenis lovebird kacamata pipi hitam telah membatasi ekspor lovebird ini sehingga jenis ini sulit ditemui di pasaran. Kampung halaman lovebird ini adalah : Zimbabwe dan Zambia – Afrika.

8. Lovebird Madagaskar 

Lovebird yang mempunyai nama latin agapornis cana spesies lovebird kepala abu-abu ini mempunyai bulu di tubuh dan ekor umumnya berwarna hijau kekuning kuningan. Bagian bawah kepala, dada, kaki, leher & paruh berwarna berwarna abu-abu. Perbedaan pejantan dan betina adalah di bagian Bulu di bawah sayap, burung yang berkelamin betina bewarna hijau dan lovebird berkelamin berwarna hitam. Satu satunya jenis lovebird yang hanya ditemukan di madagaskar.

9. Lovebird kacamata nyasa 

Lovebird yang mempunyai nama latin agapornis lilianae jenis atau spesies lovebird kacamata nyasa pada umumnya punya bulu hijau. Lingkar mata putih dengan paruh merah tua, sedang kaki berwarna abu abu. Tubuh bagian bawah, dahi dan kerongkongan lovebird ini berwarna oranye dengan mahkota berwarna merah kekuningan. Habitat love bird ini berasal dari Tanzania, Malawi, dan Mozambique – Benua Afrika.

2 comments:

  1. Kalau dari 9 jenis itu yg paling punya harga paling tinggi yang mana yaaa?

    ReplyDelete
  2. sayang belum semuanya ada di indonesia, kalau udah ada di indonesia semua bagus banget tuh, bisa koleksi

    ReplyDelete