Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Tips paten merawat burung ciblek agar juara LOMBA

Melatih ciblek mengeluarkan kemampuan dalam berkicau itu gampang - gampang susah, walaupun ciblek secara alamia sebenarnya mempunyai karakter suara yang khas contoh irama ngebren dan nembak, oleh karena itu perlu upaya dan riset untuk membagun ciblek dengan mental juara. Banyak tips perawatan para master yang telah kita baca dan aplikasikan lansung dengan ciblek kita, tetapi hasilnya belum cukup memuaskan.



Perawatan burung masing-masing berbeda tergantung pada perilaku awal burung tersebut, terkadang seperti perubahan lingkungan, kandang dan tenggeran dapat merubah kebiasaan mereka, makanya peran majikan adalah melakukan pengamatan perilaku burung sebelum menetapkan mereka untuk dipoles.

Perawatan harian dan perawatan menjelang lomba juga berbeda, contohnya ciblek yang akan dilombakan memerlukan tenaga extra sehingga kita perlu menyimpan tenaganya sampai lomba tiba supaya ciblek akan poll mengeluarkan kemampuanya saat lomba, dan hal lainya anda dapat baca pada beberapa tips paten mengorbitkan burung ciblek menjadi juara lomba seperti telah dilampirkan dibawah ini.

perawatan ciblek lomba

Perawatan harian ciblek

  • Gantangkan ciblek setiap hari sekitar jam 6 pagi atau kurang dari jam tersebut saat embun pagi muncul, karena proses pengembunan adalah proses yang bagus untuk meningkatkan energi dan pengembangan kicauanya, nah sobat dapat memprediksi sendiri dengan daerah masing-masing kapan embun pagi muncul.
  • Pemberian pakan standard dan EF perlu dilakukan setiap hari juga, selain voer dan kroto pakan telur rebus juga salah satu pakan yang dapat dipilih karena telur rebus memiliki kandungan protein tinggi yang dapat merangsang birahi ciblek, berikan telur rebus secukupnya agar ciblek tidak over birahi.
  • Air perlu diganti setiap hari, tempat minum harus dibersihkan jika perlu gunakan air yang sudah matang.
  • Jam 7 pagi mandikan ciblek dengan menggunakan cepuk air, jika sudah mandi jangan lansung digantangkan, biarkan ciblek mengeringkan bulunya dahulu sampai beberapa saat baru lah digantangkan.
  • Sekitar jam 8 masukan ciblek ke tempat yang sedikit adem, lalu putarkan masteran dari pejantan lain yang kicauanya sudah mapan atau pancing ciblek dengan suara ciblek betina, trik ini dilakukan untuk mengecas power ciblek.  
  • Sore hari gantang kembali ciblek berikan dahulu 2 ekor jangkrik, gantang ciblek sampai petang barulah kerodong dan masukan kembali kedalam rumah.

Perawatan ciblek calon juara sebelum lomba 

  • Proses penjemuran hampir sama seperti perawatan harian, tetapi yang terpenting khususkan ciblek yang akan mengikuti lomba ini ditempat dimana tidak ada ciblek lain, hal ini dilakukan karena ciblek akan banyak mengeluarkan energinya saat membalas kicauan ciblek lain, resikonya dia akan loyo saat diarena lomba nanti.
  • Beri mereka jangkrik dan kroto saat lomba, multivitamin atau suplemen juga dapat diberikan agar ciblek memiliki tenaga ekstra. Jika punya waktu anda pun dapat memberikan racikan jahe, pembuatanya mudah anda hanya perlu menumbuk jahe lalu di panaskan dalam panci sampai sarinya tercampur sampai mendidih, setelah air jahe telah mendingin barulah berikan pada ciblek.
  • Bersihkan bawah sangkar pastikan tidak ada sisa pakan berjatuhan ( persiapan H-1 sebelum lomba )
  • Kerodong ciblek saat setelah penjemuran hal ini dilakukan agar ciblek dapat menyimpan energinya ( H-3 sebelum lomba ). Kerodong ciblek dengan kain yang agak tebal agar ciblek tidak strees saat diperjalanan ( persiapan hari H saat lomba ).
Perawatan umum diatas banyak berhasil mendongkrak kemampuan ciblek saat dan sebelum lomba, tetapi ingat kualitas ciblek juga bergantung pada kualitas genetik dan bakat ciblek, yang pasti ciblek yang memiliki indukan gacor lebih mudah untuk dipoles walaupun anda perlu mengeluarkan budget tinggi juga untuk mendapatkanya, saya berharap artikel ini dapat bermanfaat.


4 comments: