Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Formula khusus mendongkrak pleci buka paruh ngeplong

Siapa yang tidak mau pleci kesayangan dirumah memiliki suara yang lantang, banyak faktor yang memang diperlukan agar pleci menempati performa terbaik dengan buka paruhnya, tetapi memang diperlukan keuletan dan ketelatenan dari pemiliknya untuk mendongkrak pleci agar ngalas dan ngeriwik.

Setelah melakukan banyak hal mungkin pleci belum juga menunjukan performa yang diharapkan, mungkin saja karena memang perawatan yang diberikan kurang benar atau bisa jadi pleci yang dirawat adalah pleci berjenis kelamin betina, bisa jadi juga pleci yang dirawat sudah terlalu berumur sehingga sulit untuk kita mendongkrak suaranya ( Baca: cara membedakan kelamin pleci jantan dan betina ) Oleh karena itu awal kita perlu memastikan pleci kita adalah pejantan dan memiliki umur yang cukup untuk dilatih.

Setelah memastikan bahwa pleci yang kita siap tempur maka keterangan dibawah akan menjelaskan apa saja yang perlu kita lakukan selanjutnya untuk membuat pleci memiliki suara yang ngalas dan buka paruh.

Tahap pelatihan pleci buka paruh dan ngalas

1. Melatih mental pleci bakalan sejak dini
Pelatihan ini dilakukan agar pleci memiliki performa yang maksimal kelak saat mereka dewasa, caranya seperti meletakan sangkar pleci ditempat yang sering dilalui banyak orang, beberapa orang menggantungkan sangkar pleci di teras atau di dekat jalan yang banyak dilalui kendaraan.



2. Pengembunan pleci
Rutin untuk membawa keluar pleci saat pagi-pagi sekali anda dapat menggantung mereka didepan teras atau akan lebih baik jika anda menggantunganya di dahan pohon karena selain pleci merasa seperti berada dihabitat aslinya, pohon pada pagi hari mengeluarkan O2 atau oksigen yang membuat pleci lebih segar untuk berkicau. Hal ini dapat dilakukan 2 minggu rutin sampai pleci terlihat sudah belajar untuk buka paruh.

3. Fisik tubuh pleci
Sama seperti burung lain, burung yang aktif adalah cikal bakal burung yang sehat dan memiliki suara bagus, kenapa? karena saat burung yang sering beraktifitas hal ini akan membakar kalori di tubuhnya dan membentuk badan mereka yang berpengaruh pada kualitas suaranya dan nafas burung tersebut, oleh karena itu jika memang perlu gunakan sangkar umbaran agar pleci lebih leluasa aktif mengepakan sayapnya, meloncat dari tenggeran satu ke tenggeran lain.





4. Ajak pleci anda jalan-jalan
Pleci adalah salah satu burung koloni di habitat aslinya, mereka akan berpindah-pindah tempat untuk mencari makan atau berteduh, pada saat itu mereka juga akan belajar buka paruh agar koloninya tetap bersama-sama.

Oleh karena itu jangan biarkan pleci anda sendirian dirumah, beli beberapa pleci lain untuk menemani atau sering-sering lah bawa pleci kita bertemu pleci lain. Sobat dapat bertemu dengan pleci mania lain untuk janjian memaster pleci bersama atau anda dapat datang ke salah satu toko burung yang memiliki banyak pleci dan meminta izin untuk menggantungkan pleci anda disana.

5. Perawatan bulu dan proses mandi
Jika pleci anda memiliki bulu yang kusam mungkin pleci anda sulit untuk berkoloni, karena dihabitat aslinya pleci lain akan meninggalkan pleci yang memiliki bulu kusam dikoloni. Cara terbaiknya adalah lebih sering memandikan pleci maksimal 2 kali sehari, bila perlu satu seminggu sekali mandikan pleci dengan air beras.



6. Penjemuran
Setelah pagi mereka melalui proses pengembunan, barulah siangnya pleci memasuki proses penjemuran pada pagi hari sekitar jam 07.00 dan lakukan hal yang sama saat sore hari. Baiknya pleci tidak dijemur sendiri tetapi beserta pleci lain agar pleci dapat bersahut-sahutan, pada masa ini pleci akan belajar untuk mengeluarkan suara lantang mereka agar terdengar pleci lain.

7. Pakan
Seperti yang kita tau pakan utama dari pleci adalah voer, buah-buahan dan serangga. Beberapa orang memiliki racikan khusus yang diolah sendiri untuk memenuhi kebutuhan gizi pleci agar tetap pada performa terbaik, misalnya mencampur bubur bayi dan tepung daging di voer atau mengolah kacang kedelai, daging udang dan kuning telur rebus dijadikan bubuk dan diberikan kepada pleci kesayangan. ( baca : jenis pakan dan ekstra fooding untuk pleci )

8. Pemasteran
Lakukan pemasteran sesering mungkin, waktu terbaik adalah ketika pleci sedang beristirahat karena saat pleci beristirahat biasanya malam atau pagi sekali pleci akan lebih fokus mendengarkan suara master yang diputar.

Selain suara pleci jantan yang telah ngalas sobat juga dapat memutar suara pleci betina agar pleci terpancing untuk membuka paruhnya membalas suara pleci betina. Untuk mendownload suara pleci jantan gacor dan pleci betina silakan klik 2 tautan dibawah ini

Begitulah artikel dari saya semoga dapat bermanfaat untuk sobat yang sedang membangun pleci agar cepat buka paruh dan memiliki suara yang ngalas.

No comments:

Post a Comment