Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Cara Beternak Lovebird Yang Terbukti Berhasil

Bagi breeder pemula mungkin akan sulit untuk memulai langkah-langkah awal beternak lovebird, sebenernya beternak lovebird itu gampang-gampang susah biasanya tingkat kesulitanya ada saat membedakan lovebird yang jantan dan betina karena jangan tertipu lovebird bisa menikah sejenis jadi jangan terlalu senang ketika melihat telur ada gelodok dikandang perjodohkan tetapi ketika ditunggu kok gak netes-netes lah ternyata telur isinya kosong alias zonk, cirinya adalah jika kira-kira 2 minggu setelah kawin lovebird tersebut tidak juga bertelur ini berarti lovebird adalah jantan semua dan sebaliknya jika kira-kira 2 minggu setelah kawin lovebird tersebut bertelur lebih dari 6 telur kemungkinan besar lovebird tersebut betina semua. ( baca: ciri perbedaan lovebird jantan dan betina ). Nah oleh karena itu saya sekedar membagi ilmu beternak lovebird yang berdasarkan pengalaman saya:
cara beternak lovebird

Persiapan Awal Beternak Lovebird

A. Persiapakan kandang perjodohan dan gelodok
Kalo kira-kira 1-2 minggu perjodohan berhasil nah sekarang saatnya mempersiapkan kandang perjodohan dan Gelodok ( kandang kayu )  ukuran kotak yang ideal berukuran 20cmx20cmx25cm dan kadang besi yang berukuran 50cmx50cmx50cm tempatkan juga tempat bertengger 2 tangkai. Jangan lupa persiapkan bahan sarang ini bisa berupa serutan kayu,rumput kering atau pun sobekan koran karena pada saat bertelur sang betina biasanya akan mencari bahan sarang untuk menghangatkan telurnya. ( baca: pedoman memilih kandang lovebird )



B. Umur lovebird
Perhatikan umur lovebird ini cukup penting lovebird yang terlalu muda ( 7-9 bulan ) akan sering menemukan kesulitan dalam proses penetasan sehingga banyak kegagalan dalam proses ini karena pada umur tersebut lovebird belum terlalu matang untuk berproduksi. Idealnya tunggu sampai mereka berumur setahun.

C. Pengeraman
Pada proses ini jaga agar lingkungan kandang tenang ini supaya lovebird dapat fokus mengeram dan mendapatkan hasil terbaik. Saya menganjurkan agar jangan terlalu sering melihat-lihat situasi kandang atau malah megang telurnya karena banyak breeder biasanya penasaran atau tidak sabar menunggu kedatangan si anak lovebird. Pada proses pengeraman 21-24hari itulah saatnya proses penetasan. Tetapi ketika telur tidak menetas setelah 26 hari kemungkinan telur tersebut tidak menetas dan bisa di ambil agar lovebird bisa bertelur lagi. Kalo mau mengetahui kondisi telur kita bisa ambil telur tersebut lalu kita pecah apabila kondisi telur tersebut masih utuh, masih ada putih dan kuning telurnya berarti telur terseut tidak dibuahi. Namun apabila tersebut busuk berarti gagal dalam pengeramannya.

Persiapan Beternak Lovebird Setelah Menetas

 
Penetasan telur

D. Makanan untuk indukan
Makanan atau pakan untuk indukan juga penting karena induk lovebird akan melolohkan makanan yang dikomsumsinya untuk anak-anaknya ini biasanya dilakukan oleh sang jantan, jadi jaga nutrisi pada pakan lovebird (baca: jenis makanan terbaik untuk lovebird ). Saya merekomendasikan kangkung dan milet tetapi jika ingin mencoba varian lain anda biasa memberikanya juga seperti jewawut, kenari seed, biji sawi, jagung muda, sawi, toge, jangan lupa berikan Benelux Primus lovebird yang penting untuk si induk dan anakanya karena mengandung jenis nutrisi sempurna yang di perlukan dalam menernakan lovebird.


E. Makanan untuk anakan
Pakan untuk anak lovebird bisa menggunakan bubur bayi instant yang banyak dijual di toko sekitar anda. Bubur bayi dicampur dengan air hangat, jangan terlalu panas dan jangan dingin anda dapat menyuapi dengan jarum suntik atau dengan sendok kecil tergantung kenyaman si lovebird dan anda sendiri menyuapinya. Nah ini dilakukan dengan mengambil mereka dari induk mereka ketika berumur 11-15 hari tetapi kalo saya sendiri biasanya saya akan memasukan kembali anakan lovebird ketika sore ke sangkar gelodok. Pemberian pakan dilakukan minimal tiap 4jam sekali, secara teratur jamnya sesuikan dengan kesibukan anda asal tertarur jadwal bisa diubah2. Setelah anak lovebird sekitar usia empat minggu, anda bisa memberi mereka makanan di tempat makan untuk melatih makan pada anak lovebird. Makanan yang diberikan dapat berupa potongan-potongan kecil buah-buahan atau sayuran, telur rebus, pelet yang dicampur air hangat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kicaumania yang sedang beternak lovebird.

Salam hangat kicaumania

Rekomendasi artikel

26 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Mau nanya gan
    Setelah lovebird bertelur apakah sangkar lama diganti atau dibiarkan saja?
    Thx infonya gan

    ReplyDelete
  3. Tergantung, kalo indukan lovebird jorok biasanya apa aja dimasukin ke gelodok kaya sayuran basah dan lain lain nah ambil aja manual kalo cuma sedikit tapi kalo udah terlalu jorok ya bersihin full

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. mau tanya gan .......apakah dalam proses pengeraman pejantan perlu di pisahkan ??????
    dan setelah telur menetas apakah pejantan juga perlu di pisahkan atau di biarkan sampai anak love brid tumbuh bersama pejantan dan indukanya...?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada yang perlu dipisahin gan, biarin indukan jantan dan betina ngurus anak2nya dari masa telur sampai menetas.. biasanya induk jantan akan ngelolohin makanan untuk betina selama masa pengeraman dan penetasan

      Delete
  6. kalo induk gak mau ngeremin, telurnya di buang ke luar, sayang kalo di pecahin/dibuang, masih bisa di inkubasi/ditetasin diluar kandang gak?

    ReplyDelete
  7. mau tanya gan........ kalo burung lovebird ane ada 6 telur, kalo kata temen ane kalo ada 6 gak akan jadi, apah benar gan???????????

    ReplyDelete
  8. Mau tanya,klo sangkar nya kecil apa berpengaruh dalam proses perkawinan nya??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kk suka lovebird jga?? saya sarananin si ukuran kandang minimum seperti kandang besi kotak yg dah ada di pasaran, berbeda sepert hal ya kita beternak kenari,,,,,,

      Delete
  9. Mau tanya,klo sangkar nya kecil apa berpengaruh dalam proses perkawinan nya??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak, hal terpenting sediakan glodok ( rumah kayu )

      Delete
  10. Informasi yang pas buat para pecinta dan yang akan beternak burung lovebird nih.

    Kalu juragan butuh informasi mengenai cara ternak kambing, langsung aja klik tautan diatas.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Mau tanya gan.. Gimana cara membedakan lovebird jantan/betina? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel ini http://toko-lovebird.blogspot.co.id/2014/06/ciri-perbedaan-lovebird-jantan-dan.html

      Delete
  12. Mau tanya gan, lb saya nelor 2 buah. Tp ga di eramin dan telornya di tutup sama sarang apa ini tanda pasangan lb ga produktif (afkiran)

    ReplyDelete
  13. Mau tanya gan, jika anakan LB tidak kita suapin sampai dewasa. Berpengaruh tidak? Dan apakah indukan LB bisa menyuapi anakan itu sampai dewasa?? Makasih sebelum nya..

    ReplyDelete
  14. Mau tanya gan, jika anakan LB tidak kita suapin sampai dewasa. Berpengaruh tidak? Dan apakah indukan LB bisa menyuapi anakan itu sampai dewasa?? Makasih sebelum nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa indukan lovebird muda belum berpengalaman merawat piyik, jadi terkadang anaknya terabaikan. Jika setelah diamati seperti itu, ente hanya perlu memastikan induk lovebird memberikan cukup makanan, jika tidak ambil piyik lovebird dari sangkar lalu lolohkan pakan tambahan dan masukan kembali lovebird ke glodoknya.

      Delete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. selamat siang breeder LB,,.sy breeder baru pnya sepasang LB yg sy pikir itu jantan trnyata mengelurkan telur,apakah mungkin penjodohan sy gagal krna sama² betina? tp kenapa bs bertelur dan dr mana pembuahannya.mohon penjelasan. terimakasih breeder senior

    ReplyDelete
  17. Mt pagi gan. Mau tanya nih. Brung lb sy msuk ke sangkar telur dua dua nya itu tanda nya apa yah gan. Tapi lb nya blm bertelur. Yg jelas itu lb jantan dan betina gan. Mohon pendapat. Owh yah lb nya baru di gabung selama 3 harip

    ReplyDelete
  18. Mau tanya pertama kali bertelur kira" bisa menetas gak ????? Trims

    ReplyDelete
  19. Mau Tanya pertama lb ber telur kira" bisamenetas gak....? Trims

    ReplyDelete
  20. Mau tanya gan, kebanyakan anak lovebird ketika berumur 2 minggu langsung diambil dari induknya dan di loloh sendiri.
    Jika tidak di ambil apakah anak lovebird akan di loloh oleh induknya sendiri sampai besar?

    ReplyDelete
  21. terimakasih ilmunya gan
    lagi jodohin nih
    mg2 jodoh dapat anakan bagus

    ReplyDelete