Klub Burung Lovebird dan Kenari
Jual Beli Kandang Burung dan Pakan Import

Tips jitu Menjodohkan Lovebird

Salah satu tahap awal untuk beternak burung lovebird adalah proses pejodohan. Bisa dibilang proses ini gampang-gampang susah karena kenapa? karena dalam banyak kasus khususnya untuk breeder pemula ditemukan melakukan perjodohan yang keliru, banyak kasus ternyata kita salah menjodohkan bisa jadi si jantan dan jantan atau betina dan betina yang kita jodohkan. Kasus ini sering dialami penangkar lovebird, khususnya pemula. setelah lama menunggu ternyata dua induk yang sudah berpasangan cukup lama, sering bercumbu, namun tak kunjung bertelur rupanya kedua induk berjenis kelamin jantan.

cara menjodohkan lovebird


Kasus lainya adalah kita menemukan telur di sarang burung lovebird atau glodok mungkin bertelur sampai 6-8 telur begitu senang pastinya, tetapi setelah ditunggu sekian lama ternyata telur tak kunjung menentas karena tidak dibuahi dengan sperma jantan karena kenyataanya jenis kelamin keduanya adalah betina dan betina.
Oleh karena itu sebelum breeder masuk ke proses penjodohan hendaknya pahami dahulu ciri perbedaan lovebird jantan dan betina sehingga breeder tidak salah melakukan penjodohan.
Kalo begitu untuk breeder pemula perhatikan beberapa tips cara menjodohkan lovebird berikut ini yang mungkin bisa membantu.



Cara menjodohkan lovebird tahap awal

Banyak breeder menggunakan metode perjodohan secara berkoloni dimana beberapa lovebird dimasukan didalam satu kandang untuk diamati tingkah lakunya karena pastinya diantara mereka pasti ada yang berjodoh jadi biarkan mereka mencari pasanganya masing-masing dan tentu saja ini membutuhkan waktu karena burung ini perlu mengenal satu sama lain jadi dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dari breeder semua.

Setelah beberapa hari terlihat ada pasangan lovebird yang cukup mesra biasanya lovebird yang sudah terlihat cocok ketika mereka saling mengelus ( merapihkan bulu ) tampak akur dan sangat terlihat jelas jika tidak ada kecocokan kalo mereka saling mematuk kaki pasanganya seakan marah ketika sekandang, jadi jika mereka terlihat cocok pisahkan mereka dari yang lain dan taruh mereka dalam satu kandang yang disekat contoh kandangnya seperti yang dibawah ini. ( baca : pedoman membeli sangkar lovebird )

kandang perjodohan lovebird

Setelah kandang perjodohan sudah disiapkan, berikutnya memasukkan kedua burung dalam kandang secara terpisah. Pantau terus perkembangan pasangan burung itu biasanya burung mulai saling mendekat, beradu paruh, meski dengan gerakan terbatas (karena dibatasi sekat). Jika hal itu yang terjadi berarti proses perjodohan dilakukan secara baik.

Ritual Kawin Perjodohan Lovebird

Tahap berikutnya adalah ritual kawin dari si lovebird itu sendiri dimana tahap ini sangat menarik karena si lovebird terutama si jantan akan bertingkah aneh untuk menarik perhatian si betina. Si jantan akan memulai dengan tari-tarian yang memadukan gerakan tubuh dan kaki. Si jantan mencumbui si betina dengan menyuapinya. Terlihat seperti pasangan yang sedang berciuman. Semakin sering si jantan menyuapi, si betina segera akan mengembang-kan kedua sayapnya seolah-olah meyambut mempelai prianya. Lalu perkawinan pun segera berlangsung untuk waktu yang cukup lama karena pasangan lovebird sangat menikmati proses ini tidak salah lovebird adalah burung cinta sesuai dengan namanya.

15 comments:

  1. ada kemungkinan gak LB Yg tidak jodoh, terus kita pisah mandi kan seminggu kemudian kita gabung lagi akan jodoh? Terimakasih mind

    ReplyDelete
  2. pasti akan jodoh bro suharno arno

    ReplyDelete
  3. Lb saya ko udh disekat 3hari, nah pas sy satukan eh malah berantem..saling gigit. Knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saling gigit antar pasangan itu biasa aja belum tentu tidak jodoh , kalo terlihat mereka kawin kemungkinan mereka berjodoh.

      Delete
  4. Kenapa udah 2 minggu saya campur tapi kok belum kawin.kenapa ya bro ?

    ReplyDelete
  5. Kenapa udah 2 minggu saya campur tapi kok belum kawin.kenapa ya bro ?

    ReplyDelete
  6. Sudah sering msuk glodokan tapi kok belum bertelu ya?. Tolong kasih penjelasan nya ya boss?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinanya banyak om, bisa jadi memang sepasang lovebird itu enggak jodoh atau seperti jodoh tetapi jenis kelamin mereka jantan dan jantan. Lovebird bisa kawin dengan sesama jenis, jadi pastikan kelamin mereka dahulu om, baca dimari http://toko-lovebird.blogspot.com/2014/06/ciri-perbedaan-lovebird-jantan-dan.html

      Delete
  7. Om gimana caranya mengatasi ketika penjodohan si betinanya malah ganas si jantannya malah di botakin sama betina nya? Mohon pencerahannya om

    ReplyDelete
  8. Om ini saya bingung jantan dan betina sy satukan dalam kandang mereka saling mematuk tapi sama2 ganas semacam tengkar sampai kadang betina nya jatuh kebawah. Ini tidak cocok apa bagaimana ya om ? Mereka sudah pasti jantan dan betina krn sudah di check. Trims

    ReplyDelete
  9. Love bird jantan.ketika mau kawin. Apakah bisa berada di bawah

    ReplyDelete
  10. Om love bird saya baru saya jodohkan sehari tapi sudah akur, apa itu sudah berjodoh om

    ReplyDelete
  11. Om love bird saya baru saya jodohkan sehari tapi sudah akur, apa itu sudah berjodoh om

    ReplyDelete
  12. LB SAYA SUDAH 2 MINGGU BERJODOH TP GA KAWIN2

    ReplyDelete
  13. kedua mempelai ko saling gigit ya mas.. padahal dah tak taroh kandang sekat selama 1 bulan setelah tak campur malah saling gigit

    ReplyDelete